Thursday, April 28, 2016

Keuntungan dan Kerugian Root Hp Android

Keuntungan dan Kerugian Root Hp Android - Sistem operasi android adalah salah satu OS yang paling banyak digunakan oleh smartphone saat ini. Dimana sistemnya yang mudah dan open source membuat tampilan android sangat menarik dan mudah untuk digunakan. Selain itu banyak dari developer aplikasi yang menciptakan aplikasi bermanfaat dan seru sehingga pengguna android semakin betah. Meski sudah memiliki tampilan yang menarik serta banyaknya aplikasi yang bermanfaat, banyak orang yang ingin melakukan modifikasi dan bisa mengontrol penuh ponsel android mereka. Salah satu caranya adalah dengan melakukan root pada hp android. 


Melakukan rooting pada ponsel android membuat anda bisa mengontrol penuh atas Hp android anda mulai dari modifikasi hingga menghapus aplikasi yang tidak bisa di hapus. Namun disisi lain ada beberapa kerugian akibat root yang harus anda perhatikan. Untuk orang awam yang tidak terbiasa dengan root anda harus berpikir terlebih dahulu sebelum melakukan rootig pada ponsel android karena ponsel anda bisa mengalami beberapa kerugian. Sebelum anda ingin melakukan root pada hp android anda sebaiknya anda membaca kerugian serta keuntungan yang didapat agar anda tidak menyesal.

Keuntungan Root Hp android

1. Kustom ROM

Bagi yang bosan dengan model User Infecare dari android bawaan ponsel maka kamu bisa merubah tampilanya dengan ROM lainya yang lebih menarik dan keren. Seperti pada Samsung Galaxy yang ingin memiliki tampilan seperti MIUI maka sebelumnya ponsel tersebut harus di root. Ada banyak ROM android yang menarik dan keren untuk mengubah tampilan hp adroid anda seperti MIUI, CyanogenMod, Paranoid ROM dan masih banyak lagi. 

2. Menkostumisasi tampilan
Selain melakukan kustom ROM anda bisa merubah tampilan yang lebih menarik dengan mengedit ROM yang ada. Setelah melakukan rooting anda bisa leluasa untuk mengubah tampilan ROM seperti tombol navigasi, lockscreen, status bar dan lain sebagainya.

3. Meningkatkan kinerja android
Selain mengubah tampilan salah satu tujuan melakukan rooting adalah untuk meningkatkan kinerja hp android mereka. Dengan melakukan rooting maka beberapa penghambat kecepatan pada ponsel android bisa di atas seperti menghapus aplikasi bawaan dan mengoptimalkan kinerja prosessor dengan beberapa bantuan aplikasi pihak ketiga seperti Speed Up Swap, Set CPU, GL Tools dan lainya.

4. Menghemat baterai
Tidak sedikit dari pengguna ponsel android yang merasakan kalau ponsel mereka boros karena memang banyak aplikasi yang berjalan. Beberapa aplikasi terbukti mampu untuk mengemat baterai namun untuk menggunakanya hp android anda sudah harus di root. Beberapa contoh aplikasi tersebut adalah Greenify, Wakelock, BetterBatteryStats dan lain sebagainya.

Baca Juga :

5. Menginstal beberapa aplikasi
Beberapa aplikasi di android seringkali untuk menggunakanya harus melakukan rooting terlebih dahulu seperti aplikasi IFont. Dimana aplikasi tersebut yang berfungsi untuk mengubah font hanya bisa bekerja ketika ponsel android anda sudah di root. Sehingga jika anda menemukan aplikasi yang bermanfaat dan membutuhkan root maka anda bisa melakukan rooting.

Kerugian Hp Android yang Sudah di Root

1. Kehilangan Garansi
Salah satu kerugian yang ditakutkan adalah kehilangan garansi. Dengan melakukan rooting maka jika suatu saat ponsel anda mengalami kerusakan hardware anda tidak akan mendapatkan garansi. Selain itu di beberapa negara melakukan rooting ponsel android di anggap illegal.

2. Prosesnya yang tidak mudah
Melakukan root pada hp android maka selain bebarapa resiko kerugian yang anda dapat, proses untuk melakukanya juga tidak mudah. Beberapa aplikasi telah menawarkan proses root yang mudah namun tetap saja bagi orang awam proses tersebut terasa sulit karena harus menghubungkan ke PC, flashing file dan sebagainya.

3. Resiko Keamanan
Ketika ponsel android sudah di root maka sistem keamanan dari android tidak bekerja dengan maksimal sehingga aplikasi berbahaya yang bisa merusak smartphone atau mencuri data anda bisa beroperasi dengan bebas. Meskipun beberapa aplikasi antivirus bisa kamu instal untuk mengatasi hal tersebut akan tetapi anda harus tetap berhati hati.

4. Hp android anda bisa mati
Tindakan root memiliki beberapa resiko seperti ponsel yang mati dan tidak bisa dipulihkan. Nah jika itu terjadi maka anda akan mengalami kerugian yang besar. 

5. Tidak mendapatkan pembaharuan.
Bagi beberapa orang pembaharuan sebuah sistem android tidak penting padahal adanya pembaharuan merupakan jawaban dari beberapa bug yang ada serta meningkat kinerja. Pembaharuan sistem ROM yang tidak di dapatkan tentu akan menjadi kerugian untuk anda.

6. Adanya Bug
Rooting hp android memang dapat meningkatkan kinerja ponsel akan tetapi bisa jadi ada bug sehingga aplikasi yang kamu jalankan error ataupun tidak berfungsi. Jika aplikasi penting terjadi bug tentu akan mengganggu kinerja dari ponsel dan sangat mengganggu.

Setelah mengetahui beberapa Keuntungan dan Kerugian Root Hp Android apakah anda ingin tetap melakukan root atau membatalkan. Sekian informasi yang kami berikan semoga bisa memberikan manfaat.

Related Posts